LOGO dp2kbp3a
Beranda > Berita > Pentingnya Pemberian Obat Cacing Untuk Anak Sekolah Dan Balita
LINTAS SEKTOR

PENTINGNYA PEMBERIAN OBAT CACING UNTUK ANAK SEKOLAH DAN BALITA

Posting oleh puskesmasgerunglobar - 14 Sep. 2021 - Dilihat 43 kali

Cacing merupakan parasit atau organisme yang hidup pada organisme lain. Cacing yang ada dalam tubuh manusia akan mengambil zat makanan dari tubuh yang dijadikan tempat tinggalnya. Jika hal ini terjadi pada anak-anak, akan mengganggu pertumbuhan dan menurunkan daya tahan tubuh, anak menjadi lemas, lesu, pucat. 

Kecacingan apat mengakibatkan menurunkan stamina/kondisi siswa, sehingga berpengaruh di dalam penerimaan pelajaran di sekolah. Salah satu upaya pencegahan adalah melalui program pemberian obat cacing untuk anak sekolah dan balita, dalam hal ini dilakukan lah pemberian obat cacing oleh Puskesmas Gerung.

Pemberian obat cacing diberikan untuk seluruh murid SD/MI yang ada di wilayah kerja Puskesmas Gerung. Pemberian obat cacing ini bertujuan untuk membebaskan anak-anak dari penyakit kecacingan. Penyakit kecacingan lebih sering menyerang anak balita dan anak-anak Sekolah Dasar. Beberapa Faktor penyebab kecacingan dapat disebabkan oleh sanitasi lingkungan yang kurang terjaga, kebiasaan buruk Buang Air Besar Sembarangan, tidak memotong kuku, sarana MCK yang kurang memenuhi syarat, kebiasaan tidak menggunakan alas kaki dan personal hygiene yang tidak bersih dan sehat.

Sebelum memberi obat cacing pada anak murid SD, Petugas kesehatan memberikan informasi kepada guru terkait tentang penyakit-penyakit yang disebabkan oleh kecacingan serta cara pemberian obat cacing yang benar.

Pemberian obat cacing di selenggarakan dua kali dalam satu  tahun yakni pada bulan Maret & September, Baik itu didapatkan di posyandu maupun di sekolah.

Pemberian obat cacing pada Posyandu diberikan pada anak mulai usia satu tahun hingga lima tahun atau 12 bulan hingga 59 bulan dengan dosis (usia 12-23 bulan diberikan 1/2 tablet) dan (usia 24-59 bulan 1 tablet). Untuk usia anak Sekolah dari PAUD, TK, RA, SD, MI mendapatkan 1 tablet (#hrdna)