LOGO dp2kbp3a
Beranda > Artikel > Hari Anak Nasional 2023 Kabupaten Lombok Barat, Dp2kbp3a Dan Disarpus Gela…
Artikel

Hari Anak Nasional 2023 Kabupaten Lombok Barat, DP2KBP3A dan Disarpus gelar Psikoedukasi Pengasuhan Anak

Posting oleh dp2kbp3alobar - 10 Agu 2023 - Dilihat 1.635 kali

Pada hari selasa, 8 Agustus 2023. Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan Dan Perlindungan Anak (DP2KBP3A) Kabupaten Lombok Barat berkolaborasi dengan Dinas Pendidikan Kab.Lobar, Disarpus Kab. Lobar serta Gabungan Organisasi Wanita (GOW) Lobar melaksanakan Peringatan Hari Anak Nasional tahun 2023 yang mengangkat tema “Anak Terlindungi Lombok Barat Mantap, Indonesia Maju” kegiatan tersebut dilaksanakan di Lapangan kantor Bupati Lombok Barat. Acara ini dihadiri oleh Bunda PAUD Provinsi NTB Hj. Niken Saptarini Widyawati, Bunda PAUD Kabupaten Lobar Hj. Khairatun Fauzan Khalid, Sekda Lobar H. Ilham, Ketua Dharma Wanita Persatuan (DWP) Hj. Erni Zuhara Ilham, Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi NTB, Kepala Dinas Dikbud Provinsi NTB Dr. H. Aidy Furqan, Kepala Dikbud Kabupaten Lobar H. Nasrun, Kepala BPMP Provinsi NTB, Balai Guru Penggerak Provinsi NTB, Kepala DP2KBP3A Lobar Plh. Erny Suryana, Kepala Baznas TGH. Muhammad Taisir Al-Azhar, Forum Anak Lombok Barat, Ribuan Siswa-siswi TK, SD, SMP serta Guru PAUD Se Kabupaten Lombok Barat. Plh. Erny Suryana pada DP2KBP3A Lombok Barat saat ditemui dalam kegiatan tersebut mengatakan, kegiatan ini berlangsung cukup meriah dan disemarakkan dengan berbagai kegiatan dan atraksi. Diantaranya diawali dengan pementasan seni hingga senam kreasi anak yang dipimpin oleh  Forum Anak, dan juga ada permainan tradisonal yang dilombakan dalam perayaan HAN tingkat Kabupaten Lombok Barat yaitu tarik tambang, enggrang, masukkan paku dalam botol, Bakiak (Terompah), Lomba mewarnai untuk anak Paud/TK. Kegiatan tersebut bertujuan untuk memperkenalkan permainan anak jaman dahulu kepada anak-anak serta memberikan waktu istirahat agar tidak tergantung pada gadget. “Pada tahun ini, kita mengumpulkan anak-anak untuk bermain permainan jaman dulu dan sejenak untuk melepas gadget pada anak. Nanti akan ada permainan egrang, Bakiak dan tradisional lainnya,” ujarnya.

Selain itu, ia berharap peringatan ini menjadi pengingat kepada para orangtua untuk lebih peduli lagi kepada anak yang merupakan aset bangsa di masa depan sehingga harus dipersiapkan sejak dini.

“Jangan sampai anak mendapat kekerasan atau tidak terurus sehingga hak-hak anak menjadi tidak terpenuhi. Saya mengimbau kepada masyarakat, para orangtua, lembaga pendidikan untuk lebih peduli terhadap hak-hak anak, ” terangnya.        Erny Suryana juga menambahkan bahwa pada Puncak Hari Anak Nasional tingkat Kabupaten Lombok Barat tahun ini DP2KBP3A Lobar bekerjasama dengan PISA (Pusat Informasi Sahabat Anak) Dinas Kearsipan dan Perpustakaan (Disarpus) Kabupaten Lombok Barat mengadakan kegiatan seminar dan konseling praktek baik pengasuhan anak untuk mencegah stunting” dan sekaligus melaunching pendampingan psikologis dari TIM KREN (Komunitas Parenting) kegiatan ini berupa psiko edukasi pengasuhan anak, screening tumbuh kembang anak, pendidikan preventif kekerasan seksual pada anak, screening anak berkebutuhan khusus, pendampingan psikologis sekaligus konseling gratis bagi anak dan orang tua yang didukung penuh oleh TIM KREN (Komunitas Parenting) Lombok.